DALAM RAPAT PLENO DPB AGUSTUS 2020: "GOTONG ROYONG" ADALAH RUH BANGSA INDONESIA

shadow

kpu-kampar.go.id: Senin 31 Agustus 2020 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar melakukan Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Berkelanjutan tahun 2020 untuk bulan Agustus. Rapat yang di selenggarakan di ruang Aula KPU Kabupaten Kampar ini dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, tentunya dengan memerhatikan Protokol Kesehatan dari Pemerintah. Rapat pleno yang sebelumnya dilaksanakan secara daring dikembalikan ke metode tatap muka langsung. Mengingat berbagai kendala yang dihadapi hingga rapat daring dirasa kurang efektif.

Beberapa stakeholder yang terkait dalam kegiatan ini turut hadir diantaranya, Bawaslu Kabupaten Kampar, Kesbangpol, DPMD, Kalapas, Disdukcapil, dan Kapolres. Pihak-pihak yang hadir memiliki porsi masing-masing guna mendukung program kerja Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini. Sinergisitas dan koordinasi yang baik tentu awal dari keberhasilan sebuah program kerja. Oleh karena itu, seluruh undangan yang hadir memiliki peranan yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ini.

Usulan dan masukan terus ditampung oleh pihak KPU Kabupaten Kampar. Salah satu masukan yang diberikan oleh bawaslu adalah frekuensi update informasi dari KPU Kampar terutama melalui website harus ditingkatkan lagi. Jika sebelumnya KPU Kampar menerbitkan informasi atau berita di website hanya berjumlah satu atau dua berita perbulan, sebaiknya di tingkatkan lagi paling tidak menjadi empat buah berita/informasi perbulannya. Hal ini tentu sebagai sarana bagi masyarakat untuk tetap update dan terbaharukan dengan kegiatan-kegiatan yang pihak KPU sedang laksanakan. Sebuah usulan yang sangat membantu dan memberikan dampak positif. Usulan lain dari Bawaslu berupa meningkatkan keterlibatan Pemerintah Daerah secara struktural.  “Kita akui dampak covid-19 ini belum mendapatkan Data Pemilih yang signifikan namun kita secara bersama mesti turun kelapangan untuk melibatkan pemerintahan hingga tingkat desa dan melibatkan Partai politik Kontestan Pemilu,” begitu tambahan dari  Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kampar, Edwar.

Usulan selanjutnya yang tidak kalah penting datang dari perwakilan Partai Politik. Dimana perwakilan dari beberapa partai yang hadir senada dengan apa yang dikemukakan oleh Bawaslu mengenai KPU sebaiknya lebih meningkatkan koordinasi dengan Partai Politik. Perwakilan dari Partai Politik juga memberikan masukan tentang koordinasi dan silaturrahmi. Mereka menilai dua hal tersebut merupakan perkara yang pokok dalam melaksanakan program kerja oleh sebuah instansi, terutama KPU yang memiliki irisan dengan banyak pihak dalam melaksanakan tugas. Perwakilan Partai Politik menyarankan KPU Kabupaten Kampar untuk melaksanakan road show ke instansi atau pihak yang sekiranya menjadi mitra dalam bertugas. Tentu saja dengan harapan kegiatan tersebut lebih meningkatkan sinergisitas, koordinasi, dan silaturrahmi diantara seluruh stakeholder.

Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih juga memaparkan perkembangan kinerja update data yang dilakukan KPU selama bulan Agustus. Tidak hanya itu, KPU Kabupaten Kampar juga kembali mereview perkembangan yang telah dilaksanakan dari bulan Maret hingga Agusutus ini. Review ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang hasil yang telah di peroleh beberapa bulan terakhir dan menjadikan acuan untuk lebih meningkatkan kinerja di bulan-bulan beriktunya.

Bagi sahabat pemilih yang ingin melihat perkembangan udate data pemilih berkelanjutan bulan Agustus tahun 2020 bisa mengklik link berikut ini: https://drive.google.com/drive/folders/1an5uVQhBjNyj1tT7Jdc6xv3zwVjYd1oJ?usp=sharing Tidak hanya untuk bulan Agustus, review data dari bulan Maret juga terlampir dalam link diatas. 

Selanjutnya jika ada perubahan data kepedudukan, pemilih baru, status perubahan atau jika ada anggota keluarga meninggal dunia silahkan laporkan dengan memberikan tanggapan / masukan pada formulir berikut ini http:http://bit.ly/DPBKAMPAR